'/> Rpp Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2

Info Populer 2022

Rpp Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2

Rpp Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2
Rpp Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2
- Download Gratis dan Lengkap RPP Qur'an Hadits Kelas X MA (Madrasah) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2 dalam format Word hanya DISINI dan sesuai dengan Silabus Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.

RPP Qur'an Hadits Kelas X K13 Revisi dibagikan kepada bapak dan ibu tiada lain untuk membantu menyediakan perangkat pembalajaran selama 1 tahun terutama mempermudah dalam proses kegiatan berguru mengajar (KBM).

Dibawah ini kami juga sertakan Contoh RPP Qur'an Hadits Edisi Revisi Terbaru

Contoh RPP Qur'an Hadits Kurikulum 2013 Revisi 2017 


Satuan Pendidikan : MA ………………………………….
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Semester : X /2
Materi Pokok : Memahami Istilah Hadis
Sub Materi Pokok :  Pengertian Hadis
Macam-Macam Istilah Hadis

Alokasi Waktu : ………………………………….. x Menit

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai pecahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan asar
4.1 Mendeskripsikan substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadis, sunnah, khabar, dan asar.

Indikator

Lihat
KI dan KD
Di LKS
1. Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
2. Memahami macam-macam istilah hadis.
3. Memahami persamaan hadis sunnah, khabar, dan aÁar.

C. Tujuan Pembelajaran
Lihat
KI dan KD
Di LKS

Peserta didik diharapkan dapat:
1. Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar
2. Menyebutkan macam-macam istilah hadis sunnah, khabar, dan aÁar
3. Mendeskripsikan substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar
4. Menerapkan sikap berpegang teguh kepada hadis, sunnah, dan aÁar

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Hadis
2. Macam-Macam Istilah Hadis

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach).
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi .
Metode : 
1. Ceramah variatif.
2. Curah Pendapat.
3. Inquiri.
4. Pemecahan Masalah.
5. Diskusi.

F. . Media dan Sumber Pembelajaran 
1. Media
a. Laptop, CPU.
b. LCD Projector.
c. Film/Video.
d. Gambar/Foto.

2. Sumber Belajar
a. Buku Pedoman Guru Mapel Al-Qur’an Hadis MA,
b. Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadis MA
c. Al-Qur’an dan terjamahanya.
d. Buku Ajar Fokus Qur’an Hadis 10B.
e. Buku penunjang Lainnya yang sesuai.
f. Media cetak dan elektronik sesuai materi.
g. Lingkungan sekitar yang mendukung.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (… menit)

1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, supaya aman untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta penerima didik membersihkan papan tulis dan merapikan daerah duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku rujukan yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak penerima didik supaya selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4. Guru mengajak penerima didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi klarifikasi wacana cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6. Guru menciptakan janji dengan penerima didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya wacana pembagian kelompok kerja penerima didik).
7. Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar atau video.

Kegiatan Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca buku teks wacana objek IPA dan pengukuran.
2. Guru meminta penerima didik untuk membaca sebentar buku wacana memahami istilah hadis.

3. Guru memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan memahami istilah hadis, membaca salah satu hadis shahih riwayat Bukhari-Muslim, mengamati gambar-gambar sampul kitab hadis Bukhari-Muslim, mendengar uraian guru wacana pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Menanya
1. Guru meminta penerima didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan awal.
2. Guru memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka wacana memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Guru menampung pertanyaan penerima didik dan memberi kesempatan kepada tiap penerima didik atau menunjuk secara acak penerima didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
4. Guru mengajukan pertanyaan kepada penerima didik terkait memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari tanggapan pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku asuh dan buku rujukan lain.
2. Peserta didik mengumpulkan gosip dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku asuh dan buku rujukan terkait memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam gosip yang diperoleh, kemudian dijadikan materi untuk menyimpulkan wacana memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil diskusi wacana memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar .
2. Peserta didik merumuskan wacana memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Peserta didik menemukan relasi memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.

Mengomunikasikan
1. Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan penerima didik dari kelompok lain memperlihatkan tanggapan.
3. Guru memperlihatkan penegasan terhadap hasil pembelajaran penerima didik.

Kegiatan Penutup (… menit)

Guru bersama penerima didik baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2. memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

SKIP untuk Pertemuan Ke 2
  
H.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1. KI 1 dan
KI 2
Observasi

· Lembar observasi Terlampir
2. KI 3 Tes tertulis · Pilihan ganda
· Uraian
· Tugas berdikari atau kelompok
Terlampir
3. KI 4 Proyek · Lembar laporan kiprah praktik
· Lembar laporan kiprah proyek
Terlampir


 Lampiran 
Penilaian KI 1

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A. Petunjuk Umum

1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan memakai indera, baik secara pribadi maupun tidak pribadi dengan memakai instrument yang berisi sejumlah indikator sikap yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.

2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar penerima didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian

Secara periodik, contohnya 1 atau 2 ahad sekali guru melaksanakan penilaian sikap spiritual penerima didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh penerima didik, dengan kriteria sebagai berikut.

4 = selalu, apabila penerima didik selalu melaksanakan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila penerima didik sering melaksanakan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila penerima didik kadang kala melaksanakan dan sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila penerima didik tidak pernah melakukannya.

C. Lembar Observasi

Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….

No
Aspek Pengamatan
1
Berdoa sebelum dan setelah melaksanakan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan setelah memberikan pendapat/presentasi
4
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan dikala mempelajari ilmu pengetahuan
5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai

dengan agama yang dianutnya
Jumlah Skor

Lembar Observasi

 Revisi dibagikan kepada bapak dan ibu tiada lain untuk membantu menyediakan perangkat pem RPP Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2
image :pixabay


Download RPP Qur'an Hadits Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2

Silahlan bagi Bapak dan Ibu yang kebetulan mengajar di Kelas X Madrasah Aliyah, yang belum memiliki RPP ini, bisa didapatkan melalui link dibawah ini : Password: melihat.net

  • DOWNLOAD | Bab 1 KP 1 – Memahami Istilah Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 1 KP 2 – Persamaan dan Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan AÁar
  • DOWNLOAD | Bab 2 KP 1 – Memahami Sanad dan Matan Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 2 KP 2 – Memahami Sanad dan Matan Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 3 KP 1 – Memahami Macam-Macam Sunnah
  • DOWNLOAD | Bab 3 KP 2 – Memahami Macam-Macam Sunnah
  • DOWNLOAD | Bab 4 KP 1 – Memahami Pembagian Hadis dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
  • DOWNLOAD | Bab 4 KP 2 – Memahami Pembagian Hadis dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
  • DOWNLOAD | Bab 5 KP 1 – Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis wacana Keikhlasan Beribadah
  • DOWNLOAD | Bab 5 KP 2 – Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis wacana Keikhlasan Beribadah
Download Silabus, Prota, Promes Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  • DOWNLOAD | Prota dan Promes Alquran Hadis MA Kurikulum 2013 Kelas X-10
  • DOWNLOAD | Silabus Alquran Hadis MA Kurikulum 2013 Kelas X-10

Demikianlah kiranya menyebarkan Prota, Promes, Silabus, RPP Qur'an Hadits MA Kelas X K13 Revisi. Semoga Bermanafaat.
Advertisement

Iklan Sidebar