'/> Pengaruh Level Gula Darah, Bgaimana Sanggup Menjadikan Diabetes?

Info Populer 2022

Pengaruh Level Gula Darah, Bgaimana Sanggup Menjadikan Diabetes?

Pengaruh Level Gula Darah, Bgaimana Sanggup Menjadikan Diabetes?
Pengaruh Level Gula Darah, Bgaimana Sanggup Menjadikan Diabetes?
Memahami Gula Dan Insulin - Apa Manfaat Gula Atau Glukosa Dalam Tubuh Manusia? - Bagaimana Bisa Terjadi Penyakit Diabetes? - Gula dan Insulin menjadi dua kata penting dalam pembahasan diabetes, namun keduanya juga akan banyak kita bicarakan ketika kita membahas Sindrom-X ( Hipertensi, Diabetes,Trigleserida / kolesterol Dan Obesitas ). Diawalai oleh resistensi Insulin, maka untuk membahasnya kita harus mengetahui segala hal perihal Gula & Insulin.

Gula Sebagai Bahan Bakar Tubuh

Tubuh terdiri atas ratusan juta sel dimana masing masing mempunyai fungsi yang sangat spesifik. Sel sel tersebut menyusun jantung, hati, paru-paru, mata, kulit, tulang dan organ organ badan lain-nya. Meskipun masing masing mempunyai fungsi biologis yang berbeda beda namun seluruh sel yang ada di dalam badan kita mempunyai prosedur dasar yang sama. Aktifitas badan memerelukan materi bakar, materi bakar tersebut diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari hari.
 Apa Manfaat Gula Atau Glukosa Dalam Tubuh Manusia PENGARUH LEVEL GULA DARAH, BGAIMANA DAPAT MENYEBABKAN DIABETES?
Gula dalam bentuk glukosa merupakan materi bakar utama yang di bakar oleh sel badan sebagai sumber energi. Bahan bakar lain ialah glikogen ( bentuk glukosa yang tersimpan dalam hati ), asam amino ( hasil pemecahan protein ), lemak & keton ( yang dihasilkan ari pemecahan lemak yang disimpan di jaringan penyimpanan.

Peran gula sebagai materi bakar sangat penting, setiap sel badan memerlukan pasokan gula yang stabil untuk berfungsi kehidupan sel secara normal. Saat level gula menurun tajam atau terlalu cepat, maka sel seolah menyerupai kendaraan beroda empat yang mogok lantaran kehabisan materi bakar. Contohnya individu yang mempunyai kadar gula rendah ( hipoglikemia ), kondisi yang sama terjadi ketika anda sudah terlalu usang tidak makan.

Pasokan gula ke dalam badan memilih menentukan level gula darah, tinggi rendahnya gula darah diatur oleh sebuah sistem yang rumit. Dalam hal ini, gula menjadi materi bakar untuk mempertahankan aktifitas biologi tubuh, keberadaan-nya sangat penting untuk kehidupan sel.

Tidak ada fungsi lain dari gula selain sebagai materi bakar, keberadaan gula sebagai materi bakar diatur oleh prosedur yang kompleks, seluruhnya diatur oleh proses biologis yang berlangsung di dalam tubu.

Manusia mempunyai pertahanan biologi yang kompleks untuk bertahan hidup dalam waktu tertentu dalam merespon materi bakar yang tersedia bagi tubuh. Semuanya dikendalikan oleh hormon yang memberikan sinyal yang terjadi di seluruh tubuh.

Level gula yang rendah akan merangsang hormon supaya memberikan sinyal lapar. Sinyal dari rasa lapar ini akan memerintah molekul pembawa pesan ( neurotransmitter ) untuk meminta pasokan makanan atau mengharuskan hati melepas gula simpanan ( glikogen ) untuk menjaga supaya level gula menjadi normal.

Respon tersebut bertujuan untuk menjaga level gula kembali normal, sehingga sel sanggup berfungsi secara optimal. Level gula puasa ketika kita bangkit tidur berkisar antara 65 - 120 mg/dl, level gula yang ideal ialah 80 - 100 mg/dl.

Kadar Gula Tinggi Penyebab Diabetes

Kadar Level gula akan meningkat setelah makanan yang masuk dipecah menjadi glukosa, beberapa ketika setelah anda makan, kadar gula mulai meningkat kemudian turun secara perlahan. Kadar gula setelah makan (postprandial ) akan membuat kurva yang menunjukan level gula brkisar 65 - 139 mg/dl.

Jika kadar gula puasa dan setelah makan menunjukan angka yang sangat tinggi, maka kondisi tersebut menandakan telah terjadi diabetes, kondisi tersebut disebabkan kekerabatan antara gula dan insulin yang tidak seimbang. Kurva yang agak curam menjadi menandakan pradiabetes.

Sedangkan peningkatan level gula yang perlahan menandakan adanya keseimbangan antara gula dan insulin yang menandakan sel sensitif terhadap insulin yang menjaga supaya level gula sehabis makan stabil.

Begitulah manfaat gula Atau Glukosa Dalam Tubuh Manusia, Pengaruh Level Gula Dalam Darah, dan bagaimana gula itu Bisa menyebabkan Penyakit Diabetes, pada halaman selanjutnya akan kami ulas sisi jelek dari gula itu sendiri.
Advertisement

Iklan Sidebar